1. Perkembangan komputer
Awal mula kata komputer
dipergunakan untuk memvisualisasikan orang yang mempunyai pekerjaan melakukan
perhitungan aritmatika. Namun, sekarang ini komputer diartikan kepada sebuah
perangkat mesin tersebut.
Dalam
pengertian yang paling mendasar, komputer adalah perangkat yang membantu
manusia dalam melakukan berbagai macam perhitungan. Dalam hal ini, komputer
pertama yaitu sempoa yang digunakan untuk melakukan operasi artimatika dasar.
Dalam sejarah dan perkembangan
komputer,
Sempoa atau Abacus merupakan awal dari lahirnya komputer. Komputer
dalam melakukan prosesnya berbentuk elektronik, yang memungkinkan untuk
melakukan perhitungan yang lebih luas dan cepat. Hingga saat ini komputer dapat
memproses gambar, suara, teks dan bentuk non-numerik data lainnya. Yang perlu
diingat semuanya itu tidak lepas dari perhitungan numerik dasar. Gambar, suara
dan lainnya hanyalah sebuah abstaksi dari angka-angka yang berderak di dalam
sebuah mesin. Dalam komputer angka-angka tersebut yaitu “1” dan “0” yang
mewakili kombinasi listrik aktif dan non-aktif. Dengan kata lain setiap gambar,
suara, teks dan lainnya di dalam komputer memiliki kode biner yang sesuai.
Komputer Generasi Pertama (1940 –
1950)
Komputer
Generasi Pertama menggunakan beberapa tabung vakum
yang besar dan kompleks seperti crystal diodes, relays, resistors, dan
capacitors yang membutuhkan daya listrik sebesar 150 kilowatt. Komputer
elektronik pertama yang digunakan untuk umum yaitu ENIAC (Electronic Numerical
Integrator And Computer). Sudah berbentuk digital, namun belum menggunakan kode
biner sebagai prosesnya. Digunakan untuk memecahkan rangkaian lengkap tentang
masalah komputasi. Diprogram menggunakan plugboard dan switch, yang
sudah mendukung input dan output dari IBM card.
Komputer
elektronik pertama yang digunakan untuk non-umum yaitu ABC (Atanasoff-Berry
Computer), ten British Colossus computers, german Z3, LEO, UNIVAC, dan Harvard
Mark I.
Komputer Generasi Kedua (1955 –
1960)
Komputer
Generasi Kedua muncul setelah ditemukannya
transistor, yang kemudian mulai mengganti tabung vakum dalam desain komputer.
Dengan transistor, daya, panas dan bentuk jauh lebih kecil dibandingkan dengan
komputer generasi pertama. Namun, masih jauh lebih besar dengan komputer
sekarang ini.
Komputer
dengan transistor pertama ini dibuat di University of Manchester pada tahun
1953. Yang paling populer dari komputer transistor generasi kedua ini adalah
IBM 1401. IBM juga menciptakan drive pertama (sebuah media penyimpanan) pada
tahun 1956, yang dikenal dengan IBM 350 RAMAC.
Komputer Generasi Ketiga (1960)
Penemuan
Integrated Circuits (IC) atau dikenal juga dengan microchips, membuka
jalan untuk komputer generasi ketiga atau yang kita kenal dengan komputer
sekarang ini. Berbentuk jauh lebih kecil dengan generasi komputer sebelumnya,
dengan transistor yang lebih banyak dan dibenamkan ke dalam microchips tunggal.
Dalam tahap perkembangannya, komputer generasi kedua masih bertahan.
Pertama
munculnya minicomputer yang didasarkan pada kedua transistor dan microchips
seperti IBM System/360. Komputer ini jauh lebih kecil dan lebih murah daripada
generasi-generasi sebelumnya. Komputer Generasi Ketiga dikenal sebagai
mainframe komputer. Minicomputer dapat dilihat sebagai jembatan antara
mainframe dan microcomputer sebagai proliferasi dalam perkembangan komputer.
Komputer Generasi Keempat (1971)
Microchips
berbasis Central Processing Unit (CPU) pertama, terdiri dari beberapa
microchips untuk komponen CPU yang berbeda. Dorongan untuk integrasi semakin
besar dan miniasturisasi dipimpin menuju single-chip CPU, di mana semua
komponen CPU yang diperlukan dimasukkan ke sebuah microchips tunggal yang
disebut microprocessor. Microprocessor pertama yaitu Intel 4004.
Munculnya
microprocessor melahirkan evolusi dari microcomputer, bentuk yang
akhirnya akan menjadi komputer pribadi yang kita kenal sekarang ini.
2. Cara Menggunakan Komputer Dengan Sehat
·
Ciptakan lingkungan yang bersih, rapi dan tenang
Fator
lingkungan sangat penting dan sangat menunjang supaya kegiatan berkomputer Anda
terasa nyaman dan tidak terganggu. Jika lingkungan Anda bersih, rapi dan tenang,
maka secara otomatis Anda juga lebih tenang dan rileks dalam melakukan
pekerjaan didepan komputer. Dan dapat Anda bayangkan jika lingkungan Anda
berserakan kertas-kertas serta suara-suara yang bising, bisa dipastikan
pekerjaan Anda akan sangat terganggu karena faktor lingkungan sangat
berpengaruh dengan kenyamanan dan kesehatan.
·
Perhatikan posisi duduk
Posisi duduk
yang benar saat menggunakan komputer adalah dengan menegakkan punggung anda
sehingga kepala dan leher sejajar dengan tubuh, bukan membungkuk, ataupun
miring.
·
Perhatikan posisi monitor
Posisi
Monitor sebaiknya diletakkan sejajar dengan mata sehingga memudahkan Anda untuk
berhadapan secara langsung dengan monitor komputer Anda, hindari melihat layar dengan kepala berpaling atau
yang mengharuskan Anda untuk memutar posisi duduk Anda. Berikut beberapa tips
agar posisi monitor tetap nyaman saat digunakan.
3. Perangkat Komputer Dan Manfaatnya
A. Monitor
Monitor ini mmpunyai fungsi sbagai alat output yaitu tempat untuk mengeluarkan hasil proses yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh pemakai komputer.
Monitor ini mmpunyai fungsi sbagai alat output yaitu tempat untuk mengeluarkan hasil proses yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh pemakai komputer.
B. CPU (Central Processing Unit)
CPU berfungsi sbagai pengendali proses kinerja computer dengan kata lain yaitu sbagai tempat mengatur semua instruksi program pada komputer & sbagai pengelola semua aktivitas kinerja di dalam komputer.
CPU berfungsi sbagai pengendali proses kinerja computer dengan kata lain yaitu sbagai tempat mengatur semua instruksi program pada komputer & sbagai pengelola semua aktivitas kinerja di dalam komputer.
C. Printer
Printer berfungsi untuk untuk mencetak data seperti tulisan, gambar/foto pada kertas.
Printer berfungsi untuk untuk mencetak data seperti tulisan, gambar/foto pada kertas.
D. Scanner
Scanner ini seperti mesin fotocopy & berfungsi untuk mengkopy data objek & dipindahkan kedalam memory komputer & hasilnya dapat dilihat pada monitor komputer.
Scanner ini seperti mesin fotocopy & berfungsi untuk mengkopy data objek & dipindahkan kedalam memory komputer & hasilnya dapat dilihat pada monitor komputer.
E. Mouse
Mouse berfungsi untuk menunjuk posisi kursor / pointer pada layar komputer secara cepat.
Mouse berfungsi untuk menunjuk posisi kursor / pointer pada layar komputer secara cepat.
F. Keyboard
Keyboard berfungsi untuk mengetik / memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file & membuka file.
Keyboard berfungsi untuk mengetik / memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file & membuka file.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar